(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/510806782708235668 1. Cetakan Dinding St...

5 Cara Kreatif Mengecat Dinding Rumah Menjadi Aestetik


mural jogja

(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/510806782708235668


1. Cetakan Dinding Styrofoam
Cara yang pertama ini pasti art people sering banget melakukannya. Kadang waktu kecil kita sering menggambar angka dan huruf yang sudah terbentuk di penggaris. Nah hal yang sama juga kita lakukan untuk membuat jiplakan suatu bentuk namun di media yang lebih besar, seperti dinding dan menggunakan cat pastinya, bukan lagi pensil atau pena. Cara yang satu ini menjiplak dengan desain sesuai dengan kesukaan art people, bentuknya dapat berupa elegan shape seperti di gambar, atau dapat dikreasikan dengan kepribadian art people, seperti wanita yang identik dengan bunga atau bintang. Cara membuatnya yang diperlukan ialah styrofoam, dari styrofoam tersebut teman-teman bisa membentuknya sesuai dengan kesukaan teman-teman. Cara pengaplikasiannya styrofoam ditempelkan pada dinding, dan lakukan lah pengecatan pada styrofoam menggunakan cat kuas atau pun fasil cat. Kalau dari saya sih saraninnya menggunakan fasil cat, agar cat yang siaplikasikan merata. Tips lainnya jangan menggunakan styrofoam yang terlalu tebal ya, tipis saja agar tidak sulit saat melakukan pengecatan dengan cat atau fasil cat.  Sangat menarik apabila diaplikasikan pada dinding berwarna maupun monochrome yang polos agar jiplakan bentuk lebih menonjol sebagai objek utamanya.

mural jogja

(a)

mural jogja
(b)
(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/440719513530080192/)


2. Abstrak Pattern Dengan Menggunakan Kain Bekas.
  Nah art people, kalau cara yang satu ini nih bisa banget teman-teman coba. Membuat dinding dengan corak abstrak cukup dengan kain aja lho. Kain bisa di gulung ke facil cat dan diikat menggunakan karet rambut atau bisa juga manual dengan menggunakan tangan. Cara pengaplikasiannya gampang, pertama-tama teman-teman cat dinding dengan cat basah, jangan menunggu hingga kering, segera menggunakan fasil cat (a), teman-teman bisa langsung mengaplikasikannya ke dinding, tapi ingat ya dipastikan kain yang tergulung dibuat berantakan atau tidak rapi, agar dapat memberikan bentuk abstrak yang tak terduga. Apabila menggunakan tangan (b), usapkan kain ke dinding yang sudah di cat dengan menggerakkannya sembarang hingga membentuk ukiran abstrak yang aestetik. Selamat mencoba art people!

mural jogja


(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/46232333652767111/)
3. Suntikan Cat
Yang ketiga ialah dengan suntikan cat. Suntikan kosong diisi dengan cat warna favorit mu ke dalam suntikan cat dengan cara mengarahkan ujung suntikan ke dalam cat dan tarik plunger ke atas, pergilah ke bagian tertinggi dinding rumah mu, posisikan ujung suntikan ke bagian yang ingin diwarnai, perlahahan-lahan dorong plunger ke bawah hingga cat dari dalam tabung suntikan keluar dan mengalir hingga dinding bawah rumah mu. Oleh sebab itu, jangan lupa ya sediakan juga koran atau kertas bekas dilantai agar cat yang mengalir tak mengotori lantai kalian nanti. Selamat mencoba art people!
mural jogja

(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/445926800584947894/)
4. Spons Ajaib
Buat dinding menjadi motif bata cantik yuk! Ga perlu dengan bata asli dong, kita bisa ciptakan motif bata dengan warna yang cantik untuk dinding rumah mu art people! Caranya gampang, hanya membutuhkan cat, spons, kardus atau papan bekas, dan penggaris (optional). Pertama teman-teman dapat memindahkan cat ke wadah kardus atau papan bekas. Ukur lah lebar spons untuk menentukan jarak antara antar spons saat diaplikasikan di tembok dan gambarlah ukuran di tembok sesuai dengan jarak yang diinginkan. Ini bisa jadi option bagi teman-teman, kalau tidak menggunakan ukuran pun teman-teman dapat mengira-ngira saja. Namun kemungkinan hasil yang di dapat cap satu dan yang lainnya menjadi tidak sama rata. Kemudian letakkan permukaan bawah spons ke cat yang sudah berada di wadah kardus atau papan bekas hingga semua permukaan bawah spons tertutupi oleh cat. Setelah itu, cap spons ke dinding yang sudah ditandai dengan ukuran-ukurannya. Jadi deh! Selamat mencoba art people!

mural jogja

(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/465700417711969170/)
5. Kuas Kemoceng
Ini merupakan cara kreatif lainnya untuk membuat dinding rumah teman-teman menjadi unik dan estetik. Kalau biasanya kita melihat kebanyakan orang cat menggunakan kuas atau fasil, cara yang satu ini cukup berbeda.  Kalau dilihat dari gambar di atas, teman-teman bisa saja menggunakan alat-alat disekitar kita. Kalau sebelumnya menggunakan jarum suntik, kemudian kain, kemudian spons, yang satu ini juga tidak kalah menarik, yaitu menggunakan kemoceng. Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan alat pembersih debu ini. Bentuknya yang ini dipenuhi dengan bulu-bulu dapat dijadikan pengganti kuas lho. Karena tekstur kemoceng yang tidak beraturan dan sedikit berbeda dengan tektur kuas yang kaku, kemoceng dapat memberikan goresan-goresan estetik yang sangat menarik dan akan menjadikan dinding rumah kamu cantik. Selamat mencoba art people!


Begitu lima tips dari  saya untuk art people yang sedang mencari ide untuk mengdekorasi dinding rumah, semoga bermanfaat ! -VPB


See All Post